Retribusi Parkir Hotel dan Mal Bakal Dialihkan Ke PD Parkir

Penarikan retribusi parkir hotel dan mal akan dalihkan ke Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya. Hal tersebut sebagai upaya optimalisasi pendapatan dari parkir.

Pengalihan pengelolaan retribusi parkir hotel dan mal tengah didorong melalui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Status PD Parkir Makassar Raya menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Ranperda tersebut sedang ditunggu untuk disahkan di provinsi dan kota mengikuti regulasi perparkiran di swalayan.
Ketua Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Makassar, William Laurin mengatakan pihaknya cukup skeptis dengan retribusi parkir hotel dan mal yang dikelola oleh pihak swasta.

Diketahui, setoran retribusi parkir hotel dan mal ke pemerintah kota oleh pihak swasta sebesar 30 persen. Hanya saja, William menilai retribusi tersebut masih berpotensi dan bisa ditingkatkan.

“Kita tidak menuduh ini, siapa tau bisa lebih yang dia dapat (tak sesuai setoran). Artinya ini paling bagus jalannya dia (Perusda) yang kelola,” katanya, Selasa (16/2/2021).

Selain itu, pengalihan pengelolaan retribusi parkir juga akan memperjelas kewenagan masing-masing instansi. PD Parkir akan berperan menarik retebusi yang kemudian disetor ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *